Categories
Rekreasi

Kolam Abadi dan Air Terjun, Bagian Surga di Bumi

Kolam Abadi dan Air Terjun

Kolam Abadi dan Air TerjunSumatera Utara memiliki banyak sekali pesona alam yang menawan. Selain Danau Toba yang sudah mendunia salah satu keindahan surga lainnya adalah Kolam Abadi dan Air Terjun Toreh-Toreh.

Baca juga : Berpetualang di Green Canyon Kabupaten Pangandaran

Dua objek wisata yang berada di Desa Rumah Galuh, Kecataman Sei Bingai, Kecamatan Langkat yang telaknya tidak berjauhan. Jika berkunjung ke Kolam Abadi tak lengkap rasanya jika tidak mendatangai Air Terjun Toreh-Toreh. Begitu sebaliknya.

Dari Kota Medan, perjalanan ke posko titik awal trekking di Desa Rumah Galuh menempuh waktu 2 sampai 2,5 jam dengan menumpang bus. Di desa itu, ada beberapa posko yang bisa dipilih untuk memulai trekking. Di posko-posko itu para wisatawan memarkirkan kendaraannya dan memulai menjelajah ke objek wisata itu dipandu penunjuk jalan (ranger).

pelaruga - Kolam Abadi dan Air Terjun, Bagian Surga di Bumi

Sebelum memulai trekking, pemandu jalan terlebih dahulu memberikan panduan serta hal-hal yang perlu dilakukan atau pun dihindari. Mengingat perjalanan merupakan wisata air di alam bebas, bagi yang tidak memiliki kemampuan berenang disediakan jaket pelampung untuk keamanan.

Perjalanan diawali dengan menyusuri jalanan tanah menurun. Pepohonan karet menjadi alat berpegangan karena kondisi jalan hanya setapak. Ada banyak parit-parit kecil dengan jalanan sedikit landai dipenuhi semak. Kemudian menanjak bukit. Pemandangan alam pun berganti. Dari perkebunan karet menjadi kelapa sawit. Udara begitu asri.

Dari posko Petar, untuk mencapai Kolam Abadi atau Air Terjun Teroh-Teroh wisatawan harus melalui rute tiga kali turun dan dua kali menanjak.

Kolam Abadi

https://www.instagram.com/p/B5osCVdAshP/?utm_source=ig_web_copy_link

Lelah seakan sirna ketika aliran sungai berbatuan terlihat seolah menyapa pendatang. Sungai yang tidak begitu lebar dialiri air bening kebiruan. Sungguh menyegarkan mata.

Kolam Abadi sebenarnya bukan sebuah kolam. Tapi aliran sungai yang jernih yang jelas terlihat bebatuan di dasarnya. Di kiri kanan sungai menjulang tebing-tebing dan pepohonan. Pemandangan alam yang belum terjamah.

Air Terjunj Toreh-Toreh

https://www.instagram.com/p/B6xR-q5jwti/?utm_source=ig_web_copy_link

Jalan menuju objek wisata Air Terjun Teroh-Teroh tak kalah sulitnya dengan Kolam Abadi. Wisatawan juga harus naik dan turun bukit. Mencapai objek wisata tersebut, wisatawan terlebih dahulu harus mendaki. Lalu berjumpa dengan jalanan landai yang jauhnya sekitar 500 meter. Kemudian bertemu dengan jalanan menurun. Tak lama terlihatlah sebuah air terjun.

Air Terjun Pelaruga di Sumatera Utara 600x600 - Kolam Abadi dan Air Terjun, Bagian Surga di Bumi

Jalan alternatif menuju air terjun dengan menyusuri aliran sungai. Menempuh lewat jalan ini sebenarnya lebih ringan dan tentunya mengasyikkan. Kedalamam sungai hanya sedagu orang dewasa.

Pengalaman berhanyut-hanyut selama 20 menit mengarungi aliran sungai bakal menjadi pengalaman tak terlupakan. Betapa tidak. Sungai yang lebarnya sekitar dua kali rentangan tangan itu memiliki tebing-tebing di sisi kanan dan kirinya.

36148410 226868944814526 1236782562127380480 n - Kolam Abadi dan Air Terjun, Bagian Surga di Bumi

Setiba di Air Terjun Teroh-Teroh, aktifitas paling mengasyikkan tentu saja bermain air, melompat, berenang, menyelam sambali menikmati gemericik air terjun.

Puas bermain air, wisatawan bisa menikmati mie instan seduh atau menyeruput kopi atau teh panas yang dijual penduduk di gubuk-gubuk sederhana. Air nira dan buah-buahan seperti manggis dan durian juga dijual di sana.

Keindahan Kolam Abadi dan Air Terjun Teroh-Teroh memang layak untuk dikunjungi. Sebuah ‘kepingan surga’ nan elok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *