Kategori
Rekreasi

Lokasi Wisata Ini Menyimpan Lukisan yang Punya Kesan Mistis

Lokasi Wisata Ini Menyimpan Lukisan yang Punya Kesan Mistis

Lokasi Wisata Ini Menyimpan Lukisan yang Punya Kesan Mistis – Lukisan seringkali dianggap sebagai salah satu karya seni paling populer sejak ratusan tahun yang lalu. Tidak jarang beberapa lukisan  dianggap mistis dan penuh misteri, karena mengandung sejarah tertentu yang tak banyak orang ketahui.

Namun, beberapa tempat wisata di Indonesia ini juga ada yang menyimpan lukisan dengan anggapan kesan mistis. Berikut lokasinya:

1. Hotel Tugu Malang, Kota Malang

Bagi yang pertama kali mengunjungi Hotel Tugu Malang, Jawa Timur, mungkin sebagian akan kaget melihat lukisan yang berada di ruangan klasik yang disebut The Raja Room ini.

Gimana tidak, sesosok perempuan berambut panjang berdiri di depan kaca dengan bayangannya, berpakaian serba putih. Jadi mengingatkan kita pada sosok lain.

Usut punya usut, lukisan yang kabarnya punya unsur magis dan menakutkan ini adalah sosok Putri Oei Hui Lan. Ia merupakan anak juragan gula yang merupakan kenalan pemilik hotel tersebut.

Ada pun keberadaan lukisan tersebut memang atas permintaan sang putri untuk membuatkan ruangan khusus untuk barang milik dirinya, termasuk lukisan itu.

2. Perpustakaan Nasional Bung Karno, Kota Blitar

Meski sudah meninggal dunia, sosok Bung Karno memang tak pernah mati di hati rakyat. Semua hal tentang sosok sang proklamator ini selalu menarik jadi bahan pembicaraan, tidak terkecuali lukisannya yang ada di Perpustakaan Nasional Bung Karno di Bendogerit, Sananwetan, Blitar, Jawa Timur.

Menurut sejumlah pengunjung, lukisan ini tampak seperti hidup. Hal itu bisa dibuktikan dengan bagian jantungnya yang bisa berdetak saat pengunjung memusatkan perhatiannya pada bagian tersebut.

Menurut penjaga museum, dalam lukisan ini bersemayam sosok bernama Jatoro Suro, jin penunggu Gunung Kelud yang telah ditaklukkan Bung Karno.

Dikarenakan begitu patuhnya ia pada Bung Karno, Jatoro tinggal di sekitar makam Bung Karno sebelum lukisan ini ada. Namun, setelah lukisan ini ditaruh di perpustakaan, Jatoro tinggal di dalam lukisan tersebut.

3. Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon

Keraton Kasepuhan berlokasi di Jalan Kasepuhan Nomor 43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat. Di Keraton nan megah ini terdapat lukisan Prabu Siliwangi, yang merupakan Raja Padjajaran sejak tahun 1482 hingga 1521.

Prabu Siliwangi dianggap sebagai salah satu raja besar yang sukses menyatukan wilayah Jawa Barat pada masanya. Tak heran kalau sosoknya yang gagah diabadikan dalam karya seni, salah satunya lukisan.

Potret sang raja ini diletakkan di Keraton Kasepuhan. Para pengunjung yang datang mengatakan lukisan tersebut punya aura tersendiri.

Ada yang percaya bahwa hal tersebut merupakan efek dari lukisan, ada pula yang mengatakan itulah bentuk pengawasan sang prabu kepada pengunjung.