Kategori
Rekreasi

Tempat Wisata Kuliner di Aceh Yang Di Rekomendasi

Tempat Wisata Kuliner di Aceh Yang Di Rekomendasi 061693800 1579743621 Mie Razali - Tempat Wisata Kuliner di Aceh Yang Di RekomendasiTempat Wisata Kuliner di Aceh Yang Di Rekomendasi – Tempat wisata di Banda Aceh mungkin masih belum terlalu cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Meskipun tempat wisata di Banda Aceh ini tidak sepopuler tempat wisata di daerah lainnya, bukan berarti jika tempat wisata di Banda Aceh ini tidak menarik untuk dikunjungi.

Bahkan beberapa tempat wisata di Banda Aceh ini menyimpan sejarah yang sangat panjang dan tak lekang oleh waktu. Ada banyak sekali tempat wisata di Banda Aceh yang merupakan bangunan museum dan monumen.

Selain destinasi wisata berupa bangunan, beberapa tempat wisata di Banda Aceh juga merupakan jenis wisata alam. Akses dan lokasi dari wisata alam ini pun tidak jauh dari pusat kota, sehingga sangat mudah untuk dikunjungi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan video kuliner Banda Aceh lewat akun Instagram @jokowi. Mulai dari kopi, kari kambing, ayam goreng, dan mi.

Jokowi mengungkapkan, jauh sebelum warung-warung kopi menjamur di kota-kota Nusantara, warga dan mereka yang datang ke Banda Aceh sudah akrab dengan Kopi Solong di Ulee Kareng.

Selain kopi, di Banda Aceh ada banyak warung makan dengan sajian yang khas dan beragam. “Saya pernah menikmati langsung enaknya kari kambing dan ayam goreng Rumah Makan Lem Bakrie sampai mi yang khas di Mie Razali,” jelas Jokowi.

Jokowi berjanji akan ke Aceh mencoba aneka makanan dan minuman yang sudah lama didengar kelezatannya, seperti Kopi Solong, dan ayam dan bebek Bu si itek.

Kopi Solong 

Kopi Solong merupakan kedai kopi tertua di Ulee Kareng, Aceh, karena didirikan sejak 1974. Kedai yang ramai didatangi pembeli ini menyuguhkan sekitar 20 rasa kopi.

“Tamu datang, duduk, kita tanya, kita hidang. Orang minum sekitar 1.000 orang per hari, ya. Menu, banyak! Itu ada 20 saya rasa semua, pertama kopi hitam manis, kemudian kopi hitam susu, kopi sanger, kopi kocok telur, tapi yang paling banyak sanger espresso. Itu yang paling ngetop,” ujar pemilik Kopi Solong, Haji Nawawi.

Bu Si Itek 

Rumah makan ini berdiri sejak 2020 lalu usai setahun pemiliknya, Ustaz Heri lulus kuliah. Usaha ini dirintis dengan berjualan di trotoar dan emperan. Secara perlahan usaha ini terus berkembang dan tak lepas dari dukungan teman-temannya.

“Karena pembeli semakin banyak, ia kemudian menyewa sebuah toko,” kata Heri.

Rumah makan ini menu andalan utamanya bebek dan ayam. Mulai buka pukul 11.00-15.00, setelah itu dilanjutkan pada pukul 17.00-22.00.

“Kalau siang bisa 400 orang (yang makan), kalau malam sampai 1.000 orang. Menu andalan utama kami bebek sama ayam. Kita gunakan bebek kari, bukan bebek goreng,” ujar Heri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *