Kategori
Rekreasi

Wisata di Sukabumi untuk Berlibur

Wisata di Sukabumi untuk Berlibur

Wisata di Sukabumi untuk Berlibur, – Kamu ingin mencari alternatif wisata untuk berakhir pekan yang berada tak jauh dari Jakarta? Selain kota Bogor dan Bandung, Sukabumi bisa jadi pilihan menarik.

Berada tidak jauh dari Jakarta dan dapat ditempuh dalam 3-4 jam saja, Sukabumi memiliki banyak destinasi wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Nah dari beberapa destinasi wisata tersebut, berikut  tempat wisata di Sukabumi yang menarik untuk dikunjungi.

Jembatan Situ Gunung

Tersembunyi di Kawasan Situ Gunung, ada sebuah jembatan gantung eksotis di Sukabumi yang ramai didatangi wisatawan.

Objek wisata itu adalah Jembatan Situ Gunung yang merupakan salah satu jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Jembatan yang membentang sepanjang 250 meter dan berada di ketinggian 150 meter ini menghubungkan area Situ Gunung ke area Curug Sawer.

Saat melintasi jembatan ini kamu akan merasakan sensasi yang memacu adrenalin. Tak hanya itu, kamu juga dapat melihat panorama alam yang indah dari rimbunnya pepohonan yang tumbuh di area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Selain jembatan gantung, di area Situ Gunung kamu juga bisa mencoba kegiatan lain seperti bermain flying fox , berkemah, atau mengelilingi danau dengan menggunakan perahu bebek.

Curug Cikaso

Curug Cikaso merupakan salah satu curug yang sangat menawan di kecamatan Surade, Sukabumi dan oleh warga setempat, curug ini disebut sebagai Curug Luhur.

Keunikan dari Curug Cikaso adalah curug ini memiliki tiga air terjun yang mengalir secara bersisian. Ketiga air terjun yang bersisian tersebut dinamakan Curug Aseupan, Curug Meong, dan Curug Aki.

Panorama alam yang indah, belum lagi suasananya yang asri, membuat tempat ini menjadi salah satu tempat yang mesti kamu kunjungi saat berada di Sukabumi.

Terdapat dua pilihan saat mengunjungi Curug Cikaso ini. Pertama, kamu bisa berjalan kaki untuk masuk ke dalam lokasi curug atau menyusuri sungai dengan perahu untuk menuju Curug Cikaso.

Kampung Ciptagelar

Berwisata sembari mempelajari sejarah di Sukabumi, mengapa tidak? Datang saja ke Kampung Ciptagelar. Kampung Ciptagelar merupakan kampung adat yang terletak Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi.

Berada di tempat ini, kamu seperti dibawa kembali untuk merasakan suasana kehidupan di masa lalu. Pasalnya, di sana terdapat rumah-rumah adat yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Tak hanya rumah-rumah adat, kamu juga bisa menyaksikan acara-acara adat yang ada di sana seperti upacara Seren Taun yang diselenggarakan pada minggu pertama bulan September.

Seren Taun merupakan tradisi penyerahan hasil bumi ke dalam Leuit atau lumbung yang telah berlangsung sejak 600 tahun yang lalu.

Pantai Cicaladi

Tempat wisata menarik berikutnya yang masih berada di Sukabumi adalah Pantai Cicaladi.

Pantai yang terletak di Desa Sukatani, Kecamatan Surade ini berjarak sekitar 100 km saja dari pusat kota Sukabumi. Akan tetapi, kawasan ini lebih identik dengan tebingnya yang sangat indah dan berbatasan langsung dengan laut lepas.

Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan savana hijau, karang bolong yang eksotis, dan deru ombak yang menghantam dinding tebing.

Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berkemah, terutama bagi para petualang yang ingin menikmati keindahan Pantai Cicaladi lebih dekat. Selain itu, pemandangan sunset dari pantai ini juga sangat indah.

Danau Batu Bacan

Kamu juga bisa mengunjungi Danau Bacan yang terletak di Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Sukabumi, Jawa Barat.

Danau Bacan ini memiliki keunikan yaitu airnya yang berwarna hijau. Hal itu disebabkan oleh bebatuan berwarna hijau yang terkena pantulan sinar matahari.

Karena keunikannya, Danau Batu Bacan juga dikenal dengan Danau Hijau. Meski begitu, danau ini nyatanya bukan tempat wisata, melainkan lahan tambang zeolit.

Akan tetap, panorama keindahan alamnya membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan yang datang untuk berfoto. Untuk menikmati tempat wisata ini kamu tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.